Oleh SEOMUDA
Apa itu copywriting? saya mengartikannya membuat bahasa iklan yang terbaik, yang membuat orang tertarik untuk melihat foto
produk kita, mempelajarinya dan akhirnya ingin membeli.
Pengertian lain dari panduanim,
Teknik copywriting adalah teknik membuat copy yang mampu meningkatkan konversi secara drastis.
Pengertian dari blog ulinnuhakudus.wordpress
Copywriting adalah kemampuan creative advertising dalam mengolah kata dan menciptakan naskah periklanan yang menggabungkan kerja intelektual dan seni untuk memenuhi pesan penjualan.
dan banyak sekali pengertian lainnya, intinya adalah membuat bahasa iklan yang disampaikan untuk calon konsumen agar mereka
tertarik dan mau membeli.
Kesimpulannya
- Copywriting itu bahasa iklan
- Teknik menyampaikan produk dalam bahasa
- Teknik mengajak orang untuk tertarik dan membeli
- Teknik menulis agar detik pertama org mau membaca
- Kata2 promosi yang sifatnya menggoda calon pembeli
- Yahh kurang lebih jika kita suka terhadap produk salah satunya bisa dari unsur copywritingnya
- Intinya membuat bahasa iklan yang menggoda agar orang tertarik,
Ini semua harus latihan, ga bisa instan, ga bisa baru buat 1 2 kali, atau baru iklan beberapa hari sudah putus asa, harus dicoba terus.
tipsnya adalah lihat copywriting/ bahasa iklan produk orang lain, sering melihat dan sering mempelajari apa yg mereka posting, jadi adanya kompetitor itu penting untuk saling contek bahasa iklan, tp jangan dicopas plek apalagi copas sama nomer wa nya, harus di modif dan banyak dirubah sesuaikan dgn produk kita.
Unsur dalam sebuah copywriting sederhana :
1. Headline
2. Deskripsi & Keunggulan
3. Call To Action/ Ajakan
*ini sederhananya seperti ini yaa ada 3 unsur, kalau ingin lengkapnya bisa belajar di banyak artikel, tp saya buat yg sederhana saja dulu sementara. Nanti kita latihan buat headlinenyaa.. lengkapnya banyak sekali detailnya cm kita sederhanakan sementara kita titik beratkan pada headline dan bagian lainnya.
Headline itu kalimat pertama, atau jika dalam artikel judul sebuah artikel, atau 1 baris pertama yang menjelaskan isi dari
produk. Headline biasanya unik, jelas, padat dan menjelaskan produk, manfaat
Contoh Headline :
*_Bagaimana anda bisa lebih putih dalam waktu 10 hari kedepan tanpa biaya yang mahal dengan bahan yang aman dan nyaman_*
_Tambah Cantik Dengan Biaya Terjangkau, Sudah dibuktikan oleh ratusan wanita, anda sudah coba ?
HEADLINE BISA banyak hal
- Bisa menggunakan kata populer
- Bisa pernyataan
- Bisa pertanyaan
- Bisa pembuktian
- Bisa Testimoni
Deskripsi & Keunggulan itu adalah baris kalimat yang menjelaskan produk yang kita jual, bisa manfaat produk, material, bpom dll
Contoh Deskripsi : (penjelasan produk)
" Gamis Syahnaz set: Nyaman, dan SUDAH Sepaket dengan jilbab segi empat polos bahan Voal loh.. yuhuu.
> Bisa dipake di berbagai kondisi dan bagi muslimah yang aktiv Syahnaz bisa menjadi pilihan. cocok untuk segala usia
> Bahan : Monalisa Wolpeach, enak, lembut, gak geurah dan kainnya jatuh
Tali pinggang Busui friendly:relaxed::relaxed: Pokonya wajib buat teman-teman.. "
CTA/ Call To ACtion adalah kalimat ajakan untuk bertindak, baik komen, like ataupun segera mengubungi nomor wa kita.
Contoh CTA
" Order sekarang atau kehabisan! hanya via WA ke "
*Promo ini disebarkan ke 10.000 orang dan konon stok barang hanya ada 100pcs saja, order atau kehabisan! WA ke ....
Oke berikutnya kita akan latihan membuat HEADLINE
Membuat headline ini ga ada istilah benar dan salah, karena harus dicoba, harus mendekati, yang harus dicoba, orang ada
reaksi tidak terhadap headline kita.
Sekali lagi tidak ada benar dan salah, yang ada adalah berhasil tidak, jika belum ada reaksi dr calon pembeli brrt harus dicoba lagi, Sekali lagi harus latihan, harus berminggu minggu, tiap hari bikin headline dan latih, lalu posting, apakah ada yang komen/ menghubungi tidak.
Saya akan ngasih contoh terlebih dahulu, lalu berikutnya silakan nanti teman2 membuat dan posting di group, silakan diskusi yg lebih tau bisa ngasih tau, dan bagus tidaknya.
Kata2 perangsang u headline, dr ebooknya kg dewa eka prayoga
anda, cepat, penting, praktis, lebih, rahasia, terbatas, penting, buruan, menarik, hanya, mudah, akhirnya, baru, pengumuman, perhatian, perkenalkan, dicari, spesial, segera, cara
Prasa yang paling populer,
inilah cara......
ini alasan kenapa.....
bagaimana caranya.....
bagaimana anda bisa.....
kini.....
jangan beli yang lain sebelum......
siapa lagi....
7 alasan kenapa anda .....
Contoh dari prase diatas :
" Inilah cara memutihkan wajah dalam waktu 10 hari, vuktikan sendiri"
" Ini alasan kenapa anda harus segera membeli produk ini"
" Bagaimana caranya seorang tukang becak bisa berpenghasilan online 5jt/ bulan"
" siapa lagi yang mau coba produk dari brand ----"
dan contoh lainnya.
Ingat ini headlinenya, habis headline nanti di postingnya harus dengan deskripsi produk dan ajakan untuk menghubungi ke wa.
Kalo misalkan di WA jangan terlalu panjang sampai susah untuk membaca, hehe Cukup dengan kata headline sedikit detail dan ajakan untuk japri atau ajakan untuk chat 😉
Oke malam ini materinya cukup sampai disini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar