NICE HOMEWORK #5
MATRIKULASI INSTITUT IBU PROFESIONAL BATCH #4
π BELAJAR BAGAIMANA CARANYA BELAJARπ (Learning How to Learn)
Setelah malam ini kita mempelajari tentang “Learning How to Learn” maka kali ini kita akan praktek membuat Design Pembelajaran ala kita.
Kami tidak akan memandu banyak, mulailah mempraktekkan "learning how to learn" dalam membuat NHW #5.
Munculkan rasa ingin tahu bunda semua tentang apa itu design pembelajaran.
Bukan hasil sempurna yg kami harapkan, melainkan "proses" anda dalam mengerjakan NHW #5 ini yg perlu anda share kan ke teman-teman yg lain.
Selamat Berpikir, dan selamat menemukan hal baru dari proses belajar anda di NHW #5 ini.
Salam Ibu Profesional,
/Tim Matrikulasi IIP/
πππππππππππππππππππππ
Setelah membaca beberapa referensi terkait berbagai Desain Pembelajaran yang ada, saya memutuskan untuk menggunakan Model Pembelajaran Assure. Untuk teorinya bisa dibaca
disini ya.
Atau secara singkatnya sih begini :
Analyze Learners | Heinich (2005) menyatakan sukar untuk menganalisis semua ciri pelajar yang ada, namun ada tiga hal penting dapat dilakuan untuk mengenal pelajar sesuai berdasarkan cirri-ciri umum, keterampilan awal khusus dan gaya belajar |
States Objectives | Tujuan pembelajaran akan menginformasikan apakah yang sudah dipelajari anak dari pengajaran yang dijalankan. |
Select Methods, Media, and Material | Heinich et al. (2005) menyatakan ada tiga hal penting dalam pemilihan metode, bahan dan media yaitu menentukan metode yang sesuai dengan tugas pembelajaran, dilanjutkan dengan memilih media yang sesuai untuk melaksanakan media yang dipilih, dan langkah terakhir adalah memilih dan atau mendesain media yang telah ditentukan. |
Utilize Media and materials | Menurut Heinich et al (2005) terdapat lima langkah bagi penggunaan media yang baik yaitu, preview bahan, sediakan bahan, sedikan persekitaran, pelajar dan pengalaman pembelajaran. |
Require Learner Participation | Sebelum pelajar dinilai secara formal, pelajar perlu dilibatkan dalam aktivitas pembelajaran seperti memecahkan masalah, simulasi, kuis atau presentasi. |
Evaluate and Revise | Sebuah media pembelajaran yang telah siap perlu dinilai untuk menguji keberkesanan dan impak pembelajaran. Penilaian yang dimaksud melibatkan beberaoa aspek diantaranya menilai pencapaian pelajar, pembelajaran yang dihasilkan, memilih metode dan media, kualitas media, penggunaan guru dan penggunaan pelajar. |
Dan ini Desain Pembelajaran yang saya susun :
Desain Pembelajaran Dinda menggunakan Model Pembelajaran Assure
|
|
|
|
|
|
Tujuan Pembelajaran | membantu setiap anak meraih potensinya di semua bidang kehidupan |
|
| memupuk keingintahuan anak-anak, kecintaan mereka pada ilmu pengetahuan, serta keinginan yang kuat untuk terus belajar |
|
| mencontoh cara Rasulullah SWT dalam hal parenting |
|
|
|
|
Strategi Pembelajaran | Strategi pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir | model pembelajaran yang bertumpu kepada pengembangan kemampuan berpikir melalui telaahan fakta-fakta atau pengalaman sebagai bahan untuk memecahkan masalah yang diajarkan. |
| Strategi pembelajaran kooperatif | Bergabung dalam grup-grup yang berhubungan dengan Parenting ala Rasulullah dan Montessori |
| Strategi pembelajaran proyek | Membuat proyek-proyek keluarga yang berhubungan dengan Parenting ala Rasulullah dan Montessori |
|
|
|
Metode Pembelajaran | Membaca buku dan ebook yang berhubungan dengan Parenting ala Rasulullah dan Montessori |
|
| Bergabung dalam grup-grup yang berhubungan dengan Parenting ala Rasulullah dan Montessori |
|
| Penerapan Parenting ala Rasulullah dan Montessori |
|
| Mengikuti training baik online atau offline yang berhubungan dengan Parenting ala Rasulullah dan Montessori |
|
|
|
|
Media Pembelajaran | Buku |
|
| Media Sosial |
|
| Blog |
|
| Ebook |
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar