Pertanyaan 1
Nida Muthi Athifah
Masih bingung, jadi gimana maksud "desain pembelajaran", harus dibikin seperti apa? Apa kayak mind map yg teh Nita bikin? Tinggal kita bikin sesuai diri kita aja..
Desain pembelajarannya bisa untuk diri kita sendiri dulu kan ya? Soalnya anak masih kecil.
Barangkali ada contoh utk bikin desain pembelajarannya.. Hehe
Pertanyaan 2
Lisnawati
nhw#5 bentuk tulisan yang di submitnya seperti apa? Apa kita tulis rinci hasil observasi kita tentang bakat, minat, dan cara belajar yang akan diterapkan pada anak kita?
Pertanyaan 3
Siti Fania Mahardika
Apakah NHW#5 ini nyambung sama NHW #3 yang kita bikin teh? Yang Checklist Indikator? Misalnya seperti kelemahan kita, peluang, dan cara belajar? Kita gambar kembali/menjabarkan secara lebih detail gitu teh? Makasih teh 💕💕
Jawaban
Ketiga pertanyaan di atas memiliki kesamaan pertanyaan yang membutuhkan satu jawaban, oleh karena itu jawabannya dijadikan satu dibawah ini :
Dari Sri Rejeki (Kiki)
Sepengetahuan saya desain pembelajaran itu rencana/model/penyusunan dalam kegiatan pembelajaran. Maunya kegiatan belajar itu seperti apa?? Yang tentu saja pembelajaran nya disesuaikan dengan kondisi anak.
Dari Nina Yarana Silmiati
Desain pembelajaran itu seperti rancangan pembelajaran yang akan kita buat untuk mencapai tujuan. Desain pembelajaran disini
√ kurikulum yang dibuat (bisa jangka per 3/6bln)
√ rancangan kegiatan harian. Misalnya di milestone+nhw 2 kan kita udah buat brp jam perharinya kita mau memperdalam ilmu yang kita minati. Nah, disini kita rancang materi apa saja perharinya, bagaimana cara mempelajarinya (menggunakan video kah, membuat project kah, ikut seminar kah, browsing kah, dll).
Jadi kita sendiri yang belajar membuat semuanya. Belajar bagaimana cara belajar mendapatkan ilmu. Rancangan ini bisa di aplikasikan ke diri sendiri dlu. Lalu ke anak
Dari Dewi Nita Purnama Sari (Nita)
Desain pembelajaran adalah praktik penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik.
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Desain_pembelajaran
Di NHW 2-3 sudah Dikuatkan dengan “Why” > Mengapa & untuk apa ambil tujuan itu. Ini penting untuk Penguatan Diri, dengan membangun kesadaran & penerimaan (Awareness & acceptance) kemudian Dikuatkan lagi dengan NHW 4 dengan mengulang lagi proses "Think + Feel" > Mengeluarkan apa yang dipikirkan yang terkoneksi dengan apa yang di'rasa'kan, yg akan melahirkan aksi (Act).
Kemudian Aksi Dirumuskan dalam langkah kongkret "How to" nya Mulai NHW 4 : dengan output Kurikulum yang Gue Banget dari langkah / titik 0 tadi (breakdown step by step)
Baru nanti pada NHW 5 dari output NHW 4 yang dipretelin Lagi, dengan desain yang lebih detail sesuai dengan identifikasi kebutuhan & kemampuan >> Action Plan.
Kalau Di Dunia pelatihan utk bikin kurikulum kita kenal dg TNA ; Training Needs Analysis. Ada metode/ Tools Yg sering dipakai yaitu ADDIE : Analysis > Design > Develope > Implementation > Evaluation.
Jadi sebenarnya untuk proses NHW 1-4 kita masuk di Analysis > & desain > lalu NHW 5 > Develope dengan Pengembangan yang detail, misal membuat modèl atau cara kita memenuhi kebutuhan kita terhadap kurikulum yang sdh kita buat, mencari referensinya, dll.
#Benang merah yang saya maknai & rasakan, Kita sbg Ibu diajak utk membiasakan yang benar, bukan membenarkan yang biasa. Dengan Mindset yang terbangun ideal, utk bisa selesai dengan diri sendiri, sebelum kita menduplikasi pola nya kepada Anak2 kita.
Karena mendidik 1 Ibu = mendidik 1 Generasi.
Anak2 kita jg akan menduplikasi apa yg kita lakukan, shg terjadi Multiplikasi. Kebayang kan anak2 generasi selanjutnya akan gimana?
Inilah cikal bakal membangun peradaban dari rumah yg jd Goal utama dr IIP. Setiap org akan bertanggung jawab trhdp generasi bangsa selanjutnya utk menuju peradaban yg lebih baik. Semuanya diawali dg Goal Setting.
Kalau tarik benang merahnya, membangun Mind Sèt seorang Ibu dg membiasakan membuat pola berfikir.
Dari Siti Fania Mahardika (Feedback penanya)
Jadi desain pembelajaran itu seperti penjabaran cara belajar yang menurut kita nyaman. Dan juga dari nhw 1-4 itu kita sudah memilih, dan yang ini lebih ke action lebih detail lagi gimana cara belajar menurut diri sendiri, bisa berupa tabel atau gambar2.
Pertanyaan 4
Restika Kananingsih
Apakah desain pembelajaran yang menjadi nhw sekarang ini pembuataannya sama seperti pembuatan rpp? Jadi apa harus ada tujuan pembelajaran, materi yang akan dipelajari, langkah" belajar, hingga ke penilaian hasil belajarnya?
Harus direncanakan pula ga pemakaian media pembelajarannya?
Jawaban
Dari Dewi Nita Purnama Sari (Nita)
Jawaban poin satu sama seperti jawaban pertanyaan sebelumnya
Bisa dituliskan agar lebih lengkap
Dari Restika Kananingsih (Feedback penanya)
Berarti kita mulai bikin indikator" tujuan pembelajaran sampai ke asesmennya sendiri (kurang lebih seperti ini)
Pertanyaan 5
Dari Ghina Nurbaeti
Apakah mksd dri NHW 5 ini membuat 5w1h untuk dri kita misalkan Siapa diri saya, Kenapa saya ada dst. Seperti itu kah!? Ngebleng banget gak ngerti
Jawaban
Dari Dewi Nita Purnama Sari (Nita)
Lebih ke nanti kita tuliskan langkah-langkah/tahapan belajarnya bagaimana dan Tujuannya untuk apa?. Ayo temukan desain pembelajaran yang "Gue banget"
Pertanyaan 6
Dari Arsy Fauziah
Jadi untuk NHW sekarang kita praktekan bagaimana caranya belajar untuk materi design pembelajaran kan teh? Untuk NHW yang dikumpulkannya gimana formatnya ya? Mindmap, narasi semacam artikel, ppt atau gimana? Soalnya yang kebayang sama saya kita praktekan materi kemaren di NHW ini dengan cara mencari tau seluk beluk design pembelajaran, terus semacem bikin laporannya terhadap hasil pencarian tsb. Gitu bukan ya teh? Mohon koreksinya
Jawaban
Dari Dewi Nita Purnama Sari (Nita)
Bentuknya sama seperti NHW2 sebelumnya Narasi boleh ditambah gambar, mindmapping dll silahkan berkreasi.
Tepat sekali, di NHW#5 ini kita di ajak untuk mencari tahu apa itu "desain pembelajaran", apa saja jenis2 desain pembelajaran dll lalu kita tentukan sendiri tahapan yang menurut kita "Gue Banget" sampai kita nyeletuk "ini nih desain belajar yang Gue Banget itu"
Pertanyaan 7
Dari Risti Oktarina
Praktek design pembelajaran, maksudnya bagaimana? Apakah kita membuat semacam kurikulum?
Jawaban
Dari Dewi Nita Purnama Sari (Nita)
Mencari tahu desain pembelajaran yang "Gue Banget" jadi membuat tahapan bagaimana kita belajar.
Penutup
Pertanyaan dari Dewi Nita Purnama Sari (Nita)
Apabila anak-anak kita suka menggambar maka jadikanlah gambar itu sebagai jalan masuk untuk pelajaran yang lain. Contoh : kita akan mengajarkan perkalian lewat gambar, bahasa lewat gambar dan lain-lain. Nah, upaya saya ini apa disebutnya ? Saya berusaha menemukan apa ?
Jawaban
Dari Risti Oktarina
Gaya belajar
Feedback dari Dewi Nita Purnama Sari (Nita)
Aha ! Tepat sekali. Gaya Belajar.
Jadi, untuk membuat "desain pembelajaran" kita juga harus lihat Gaya belajar. Sudah saya kasih clue ya, sekarang tugas teteh2 Selamat mencari gaya pembelajaran yang "Gue Banget" bisa search atau tanya2 ya. Karena desain pembelajaran banyak metodenya cari yang "Gue Banget"
“Yang mempengaruhi seseorang naik dari tingkatan ke tingkatan berikutnya adalah amalan ilmu dan asas kebermanfaatan ilmu tersebut bagi kerahmatan alam semesta.
Kualitas dan kuantitas ilmu tidak akan berpengaruh banyak apabila "tidak diamalkan" dan "tidak memberikan manfaat" bagi alam semesta.
Karena sejatinya orang yang berilmu akan semakin mendekatkan dirinya kepada sumber ilmu (DIA yang MAHA berilmu), sehingga dirinya makin merasa tidak ada apa-apanya, senantiasa ingin mencari ilmu terus menerus.
Dan janjiNya pasti “Aku akan meninggikan orang-orang yang beriman diantaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat”
Maka ilmu itu merupakan petunjuk untuk meningkatkan keimanan dan petunjuk untuk beramal. Apabila kita selalu menuntut ilmu tetapi dua hal tersebut tidak pernah naik, maka ada yang harus kita perbaiki, entah "kebersihan jiwa dan diri kita dalam menuntut ilmu" atau "keberkahan ilmu itu sendiri".
Maka ADAB itu sebelum ILMU, dan ILMU sebelum AMAL. Semoga makin jelas tergambarkan sekarang” (bu Septi)
Kalau kita perhatikan di NHW #5 ini bunda sedang praktek “Cara belajar yang berbeda”. Ada topik “Desain Pembelajaran”. Mulailah semua heboh, mulai dari apa itu desain pembelajaran (5W + 1 H) mulai bermunculan.
Kemudian saya tidak buru-buru memberikann jawaban justru kembali bertanya. Sehingga membuat teman-teman aktif mencari sumber. Aktif berdiskusi dan lain-lain.
Saat ini kita sedang mengasah “Struktur Berpikir” bunda semua. Apakah mulai terlihat jelas, struktur berpikir itu apa?
Let’s find out ….
Feedback dari Restika Kananingsih
Struktur berfikir itu kerangka berfikir dari mulai paham sampai mengaplikasikannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar